Connect with us

KALIMANTAN BARAT

Kalbar Paling Diuntungkan dari Pemindahan Ibukota Negara

Published

on

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Gerindranews.com, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, Kalimantan Barat akan menjadi daerah yang paling diuntungkan terkait perpindahan ibu kota negara yang ditetapkan oleh presiden Joko Widodo.

“Keputusan presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan menjadi suatu keputusan yang sangat berani dan patut untuk diapresiasi. Dalam hal ini, Kalbar akan menjadi daerah yang paling diuntungkan dan kita yakin dampak pembangunan akan sangat cepat ke depan,” kata Sutarmidji di Pontianak, Minggu (18/8/2019).

Menurutnya, pemindahan ibu kota ke Kalimantan sebagai langkah yang sangat baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Jika dilihat dari sisi geografis, yang paling tepat sebagai ibu kota negara yang baru adalah Kaltim dan Kalbar.

Dia mengatakan, Kalbar lebih dekat dengan ibu kota asal dan Kaltim lebih dekat untuk wilayah timur Indonesia.

Namun, Kaltim memiliki peluang besar untuk menjadi ibu kota negara Indonesia yang baru mengingat dari sisi infrastruktur memang provinsi paling timur di pulau Kalimantan itu lebih siap dibanding daerah lainnya.

“Dengan pemindahan ibu kota ini, Kalbar jelas akan menjadi daerah yang paling berdampak besar, dimana pun ibu kota negara itu berada nantinya. Hal ini dikarenakan, Kalbar memiliki pelabuhan internasional Kijing yang tentu menjadi salah satu pendukung arus keluar masuk barang bagi ibu kota negara baru nantinya,” kata Sutarmidji.

Terpisah, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan juga mengatakan bahwa pemindahan ibu kota negara yang dilakukan Presiden Jokowi menjadi kesempatan yang baik untuk melakukan penataan kembali negara ini.

“Kalimantan memiliki wilayah yang luas sehingga pemerintah akan sangat leluasa untuk melakukan penataan pada pusat pemerintahannya yang baru,” katanya.

Dia mencontohkan, Amerika Serikat yang memindahkan ibu kota negaranya ke Washington DC menjadikan penataan wilayah pemerintahannya menjadi lebih baik karena ada pembagian antara pusat pemerintahan dengan wilayah bisnis dan pengembangan lainnya.

“Dengan demikian, Kalimantan ke depan tentu menjadi daerah yang akan lebih baik dan Kalbar harus bisa menangkap peluang ini untuk mempercepat pembangunan di daerah,” tuturnya. (ren)

KALIMANTAN BARAT

KLHK Tangkap Belasan Pembalak Liar di Hutan Lindung Gunung Bentarang

Published

on

Penangkapan 17 orang pelaku illegal logging itu di kawasan hutan lindung Gunung Bentarang, Desa Sungai Bening, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas dekat perbatasan RI-Malaysia.

Gerindranews.com, Pontianak – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TNI dan Polda Kalbar menangkap 17 pelaku pembalakan liar di Kabupaten Sambas atau kawasan perbatasan Indonesia (Kalbar)-Malaysia.

Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Selasa (6/8/2019), mengatakan, penangkapan 17 orang pelaku illegal logging itu di kawasan hutan lindung Gunung Bentarang, Desa Sungai Bening, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas dekat perbatasan RI-Malaysia.

Ia menjelaskan, para pelaku illegal logging tersebut ditangkap dalam operasi gabungan Penyidik SPORC KLHK Wilayah Kalimantan, bersama dengan POM Kodam XII Tanjungpura, dan Korwas PPNS Polda Kalbar, Jumat (2/8/2019).

“Operasi tangkap tangan ini merupakan bagian dari kegiatan operasi gabungan di perbatasan, yang mengamankan 17 orang pembalak liar, dari jumlah itu ditetapkan enam orang sebagai tersangka, sedangkan 11 orang lainnya berstatus saksi,” kata Subhan.

Ketujuh belas pelaku yang ditangkap, yakni berinisial, RS (40), AM (40), IN (34), TRS (35), PRV (53), SYH (43), DN (26), KRS (21), AL (22), AND (23), MM (44), XNS (28), BG (26), ARD (33), KRN (35 ), JT (25), RN (20).

“Dari jumlah itu, penyidik KLHK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka, yaitu RS (40), AM (40), IN (34), TRS (35), PRV (53) dan SYH (43),” katanya.

Para tersangka tersebut diancam pasal 82 ayat (1) huruf c dan pasal 83 ayat (1) huruf b dan atau pasal 84 ayat (1) UU No. 18/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan hutan, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun, serta denda paling sedikit Rp500 juta, dan paling banyak Rp2,5 miliar. “Saat ini para tersangka ditahan di Polda Kalbar,” katanya.

Sedangkan barang bukti berupa dua unit gergaji mesin, 10 buah parang, dua unit sepeda motor, enam buah bentor, empat jeriken yang berisi premium dan oli, ratusan batang kayu log dan olahan jenis belian dan meranti yang masih berada di lokasi dan telah dilakukan pengamanan dan penyisihan sebagai barang bukti di Mako SPORC Brigade Bekantan Pontianak.

“Kemudian di lokasi ditemukan pondok-pondok dan rel untuk mengeluarkan kayu sepanjang lima kilometer. Dalam penanganan kasus ini penyidik KLHK sedang mendalami berapa orang nama yang diduga sebagai aktor intelektual dan cukong,” katanya.

Kemudian penyidik juga akan terus berkoordinasi dengan POM Kodam XII Tanjungpura, Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Kalbar untuk mengusut dan mengungkap pelaku lainnya yang menyuruh dan memodali aktivitas pembalakan liar di Kawasan Hutan Perbatasan RI-Malaysia.

“Kejahatan ini harus diberantas dan ditindak tegas karena tidak hanya merugikan negara tapi menghancurkan ekosistem sehingga tidak boleh kompromi. Harus kita tindak bersama-sama, kalau pelaku kejahatan ini bisa bersatu, kita aparat pun harus bersatu, apalagi KLHK sedang melakukan beberapa operasi gabungan bersama TNI dan kepolisian,” ujarnya.

Menurut dia, untuk menangani kejahatan pembalakan liar, pihaknya terus memantau lokasi-lokasi yang terindikasi adanya pembalakan. “Kami menugaskan kepada SPORC serta penyidik untuk secara intensif memantau di lapangan dan menindak tegas siapa pun yang terlibat pembalakan liar,” kata Rasio Ridho Sani. (and)

Continue Reading

KALIMANTAN BARAT

Zulkifli Hasan Dijadwalkan Hadiri Deklarasi Kader PAN se-Kalbar

Published

on

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Liputan2.com, Pontianak – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dijadwalkan akan menghadiri deklarasi kader PAN se- Kalbar dalam mendukung pasangan calon presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

“Pada 7 Januari 2018 mendatang Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang bersamaan dengan kegiatan pendidikan politik dan pemantapan kader PAN se- Kalbar sekaligus menyaksikan dukungan seluruh kader PAN di Kalbar untuk pasangan calon presiden nomor urut dua,” ujar Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun di Pontianak, Kamis (3/1/2019).

Boyman menjelaskan, kehadiran Ketua Umum PAN ke Kalbar sangat penting karena dapat memberikan motivasi dan makna perjuangan kepada kader. Sehingga dalam menggerakan mesin partai dan mewujudkan perjuangan rakyat akan menjadi terus bersemangat dan maksimal.

“Apalagi kapasitas beliau sebagai Ketua MPR RI, artinya informasi dan kekuasaan untuk membangun bangsa Indonesia tentu besar. Kader juga bisa menitipkan aspirasi, memberikan masukan dan lainnya kepada beliau untuk kemajuan daerah ini,” kata dia.

Dalam politik nasional dan Pemilu 2019, Kalbar menurutnya memiliki peran starategis. Kader PAN ditegaskannya siap menyukseskan Pemilu dan memenangkan pesta demokrasi baik Pilpres maupun Pileg.

“Kader PAN Kalbar solid dukung Capres dan Cawapres yang digariskan partai. Jika ada yang menyeleweng dari garis partai yang ada maka kita akan berikan sanksi tegas kepada kader. Untu Pileg se- Kalbar target kita mendapat 65 kursi. Saat ini total kursi kita ada 41 kursi,” jelas dia.

Dikatakan dia, sikap optimistis terhadap target yang ada lantaran para kader yang menjadi Caleg telah bekerja sejak lama melakukan pendidikan politik, pendekatan politik dan aksi nyata lainnya.

“Dengan begitu kita sangat yakin dan kita juga terus bekerja keras untuk bermanfaat bagi daerah ini, memiliki kursi di Pileg tahun ini,” kata dia.

Dalam kegiatan pendidikan politik dan pemantapan kader PAN se- Kalbar tersebut, Ketua Panitia Pelaksana, Rudianto Sulaiman mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan dihadirkan.

Ia menyebutkan di antaranya pendidikan, orasi politik dan pemantapan caleg, deklarasi dukungan, kunjungan dan dialog dengan petani dan nelayan di Sungai Kakap, Kubu Raya dan Kuliah umum tentang Empat Pilar di Universitas Muhammadiyah Pontianak.

“Sejauh ini persiapan kita sudah 80 persen untuk kegiatan yang akan dihadiri para caleg se-Kalbar dan kader PAN. Kita berharap dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata dia.

Dalam konferensi pers tersebut, hadir juga sekretaris DPW PAN Kalbar, L Syarani, Ketua DPD PAN Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar dan beberapa pengurus DPD PAN Kubu Raya besar kader lainnya. (ded)

Continue Reading

KALIMANTAN BARAT

Beri Uang Pecahan 100 Ribu, Warga Ini Titipkan Amanah kepada Sandiaga Uno

Published

on

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno saat berada di atas kapal wisata bersama Sultan Pontianak Syarif Mahmud Al-Kadrie di dermaga Pasar Tengah, Pontianak.

Gerindranews.com, Pontianak – Seorang warga Pontianak menemui langsung dan memberikan selembar uang pecahan 100 ribu rupiah kepada Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno saat berada di atas kapal wisata bersama Sultan Pontianak Syarif Mahmud Al-Kadrie di dermaga Pasar Tengah, Pontianak, Kalbar, Rabu (19/9/2018) siang.

Pria yang mengenakan baju bergaris hitam dan abu-abu tersebut mengaku aksinya tersebut merupakan simbol amanat dari rakyat atas permasalahan ekonomi yang diamali masyarakat sehari-hari.

BACA JUGA : Profil Prabowo, Ingin Berkuasa dengan Izin Rakyat Indonesia

“Saya titip lapangan pekerjaan. Tolong murahkan semua bahan sembako, Pak Sandi. Terutama lapangan pekerjaan, Pak Sandi. Kasihan saudara-saudara kami,” ungkap pria tersebut dengan logat khas Pontianak.

Menerima uang tersebut, Sandi menyatakan akan berusaha untuk mengakomodasi setiap aspirasi dan amanat dari masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan sosial. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini meyakini sektor ekonomi akan menjadi isu sentral yang harus dientaskan bersama-sama melalui ketersediaan lapangan pekerjaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok.

“Ini saya dikasih uang seratus ribu buat apaan. Tidak boleh dikembalikan ya?,” ujar Sandi kepada pria yang memberikannya uang 100 ribu rupiah

“Berarti ini buat berkah? Kalau gitu nanti saya sedekahkan juga kepada masyarakat yang membutuhkan,” lanjut Sandi.

Mantan Ketua HIPMI ini kemudian bersyukur kepada Tuhan atas kejadian penuh hikmah tersebut. Sandi pun bersalaman dengan pria yang memberikannya uang pecahan 100 ribu.

“Terima kasih pak. (Amanah) Ini luar biasa sekali,” ucapnya. (tim)

Continue Reading

Trending

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Management :
Karjodihardjo Media

Penanggung Jawab :
Budi Purnomo Karjodihardjo

Jaringan Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Alamat Redaksi :
Plaza Bukit Nirwana No. 1, Bogor Nirwana Residence (BNR) Jl. Dreded, Pahlawan - Bogor Selatan 16132

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Media ini merupakan anggota jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC) yang dikelola secara profesional oleh sejumlah wartawan senior yang memiliki cita-cita besar untuk mendukung Indonesia Raya yang lebih baik, melalui jalur media dan komunikasi.
Media siber yang termasuk dalam jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC), antara lain :
Indonesiaraya.co.id (dari Acehraya.com s/d Papuaraya.com)
Adilmakmur.co.id
Pandubangsa.com
Liputan2.com
Mediaemakemak.com
Gerindranews.com


Indonesia Raya Media Center (IRMC) siap bekerja sama dan bermitra dengan strategic partner yang ingin mengembangkan jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC) baik sebagai investor atau sebagai partner. Hubungi : hellobudipurnomo@gmail.com

Semoga Indonesia Raya menjadi negeri yang adil dan makmur.