Connect with us

NASIONAL

Wapres Ma’ruf Anjurkan Pesantren Cetak Santri “Gus Iwan”

Published

on

Wakil Presiden RI periode 2019-2034, KH. Ma’ruf Amin.

Gerindranews.com, Magelang – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menganjurkan kepada pesantren untuk lebih banyak mengembangkan program “santripreneur” dan memberikan pelatihan kewirausahaan sehingga dapat mencetak Santri Gus Iwan, yakni bagus, pintar mengaji dan usahawan.

“Perlu ada dibangun santripreneur, santri-santri pengusaha. Jadi ada Santri Gus Iwan, santri yang bagus, pinter mengaji dan usahawan,” kata Wapres Ma’ruf dalam sambutannya saat meresmikan Rumah Sakit Syubbanul Wathon di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11/2019).

Dengan memiliki santri dengan keahlian wirausaha tersebut, lanjut Wapres, maka pembangunan ekonomi syariah dan ekonomi dapat semakin kuat.

“Pesantren harus mengambil bagian dalam membangun kelompok usahawan. Hendaknya pesantren tidak hanya menyiapkan ahli agama, tapi juga menyiapkan orang yang memiliki keilmuan dan keterampilan khusus,” jelasnya.

Program Santri Gus Iwan merupakan inisiasi Ma’ruf Amin dalam upaya pemberdayaan di bidang agama, kemanusiaan dan ekonomi bagi para santri.

Program Gus Iwan mengedepankan program pendidikan agar anak-anak beragama Islam menjadi senang membaca Al Quran, sekaligus memahami nilai-nilai kebangsaan. Program tersebut diperkuat dengan adanya pemberian pelatihan kewirausahaan yang dikembangkan di sejumlah pesantren oleh Presiden Joko Widodo. (fra)

NASIONAL

Menhan Prabowo Terima Menhan Ghana, Jajaki Kerjasama Pertahanan

Published

on

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Republik Ghana, Dominic BA Nitiwul, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Gerindranews.com, Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menhan Republik Ghana Dominic BA Nitiwul, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Kunjungan ini dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara, lebih khusus lagi dalam rangka penjajakan kerja sama di bidang pertahanan, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Tiba di kantor Kemhan, Menhan Ghana disambut melalui upacara jajar kehormatan, dilanjutkan Menhan RI memperkenalkan para pejabat Kemhan RI. Tampak hadir Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji dan para pejabat Eselon I dan II Kemhan RI.

Usai penyambutan, Menhan RI bersama Menhan Ghana melakukan pertemuan bilateral membicarakan penjajakan kerja sama pertahanan kedua negara yang memang saat ini belum terjalin secara signifikan.

Mengawali pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menhan Ghana. Indonesia terbuka terhadap semua hal positif yang memungkinkan adanya kerja sama saling menguntungkan dengan sahabat manapun, termasuk dengan Ghana.

Salah satu potensi yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Ghana adalah dalam hal produk-produk industri pertahanan.

Menhan Prabowo lebih lanjut menyampaikan kepada Menhan Ghana terkait kemampuan yang dimiliki Industri pertahanan Indonesia diantaranya kemampuan PT Pindad, PT PAL Indonesia, PT DI dan PT Len Industri.

“Indonesia memandang negara-negara kawasan Afrika Barat termasuk Ghana sebagai negara penting dan dapat menjadi mitra bagi kerjasama produk-produk industri pertahanan Indonesia dan juga kerja sama pertahanan strategis lainnya,” kata Menhan Prabowo.

Dihubungi terpisah, Stafsus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Menhan Ghana dan Menhan Prabowo bersepakat untuk mempererat kerja sama militer antara Indonesia dan Ghana, mengingat Indonesia dan Ghana memiliki semangat dan kesejarahan perjuangan yang hampir sama untuk melepaskan diri dari penjajahan.

“Kerja sama militer melalui pelatihan militer bersama, kerja sama pendidikan militer melalui akademi militer masing-masing negara,” kata Dahnil.

Menteri Pertahanan juga mendorong agar Ghana membeli produk-produk Alutsista dari Indonesia dari PT Pindad dan industri pertahanan lokal Indonesia, dan berterima kasih atas antusiasme Menteri Pertahanan Ghana. (shk)

Continue Reading

NASIONAL

Fadjroel : Calon Wakil Panglima TNI Prerogatif Presiden

Published

on

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman.

Gerindranews.com, Jakarta – Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, tokoh yang akan menjadi calon Wakil Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden.

“Menurut Pak Pratikno, ada memang usulan-usulan tetapi semuanya menjadi hak prerogatif Presiden untuk mengusulkan atau pun menerima semua usulan-usulan dari pihak-pihak yang memang berkaitan dengan upaya pemilihan Wakil Panglima TNI,” kata Fadjroel menjelaskan penryataan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers di halaman Istana Negara, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Menurut dia, proses pemilihan jabatan berbintang empat itu tengah dilakukan.

“Sesuai dengan peraturan presiden yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, sekarang sedang dalam proses untuk ditindaklanjuti,” jelas Fadjroel.

Presiden telah menerima pimpinan dan perwira tinggi Angkatan Laut dan Angkatan Udara di Istana Merdeka, Jakarta.

Pertemuan itu membahas komitmen konsensus kebangsaan dan pengarahan menjaga program pembangunan nasional.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 66/2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia disebutkan bahwa unsur pimpinan Markas Besar TNI, yakni tertinggi Panglima TNI, kemudian Wakil Panglima TNI.

Lalu pada Pasal 14 yang menjabarkan tentang tugas Panglima TNI, yakni pada ayat (3) bahwa Panglima dibantu oleh Wakil Panglima.

Secara lebih jelas, Pasal 15 menyebutkan bahwa Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

Setelah itu, dijabarkan pula tugas-tugas Wakil Panglima TNI, yakni membantu pelaksanaan tugas harian Panglima.

Kemudian, memberikan saran kepada Panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan pembinaan kekuatan TNI serta penggunaan kekuatan TNI.

Wakil Panglima TNI juga berkewajiban melaksanakan tugas Panglima apabila Panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap, serta melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Panglima. (bay)

Continue Reading

NASIONAL

Menhan Prabowo Tegaskan ASEAN Jadi Penyeimbang di Kawasan Indo-Pasifik

Published

on

Menteri Pertahanan RI periode 2019-2024, Prabowo Subianto saat menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, Minggu (17/11/2019).

Gerindranews.com, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menjan) RI, Prabowo Subianto menyebutkan, ASEAN harus dapat menjadi penyeimbang (balancing) dan penghubung (bridging) di kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Indo-Pasifik Outlook agar tidak ada dominasi kekuasaan di kawasan.

“ASEAN melalui netralitas dan sentralitasnya mengajak seluruh negara di kawasan Indo-Pasifik untuk ikut bertanggung jawab terhadap keamanan kawasan,” kata Prabowo, saat menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, Minggu (17/11/2019).

Hal itu, lanjut Prabowo, karena Indo-Pasifik bukanlah semata-mata milik ASEAN, melainkan milik masyarakat dunia.

“Indo-Pasifik tidak boleh dimaknai hanya dalam konteks bebas dan terbuka melainkan juga harus memiliki karakteristik inklusif, transparan, dan komprehensif, mendatangkan manfaat bagi kepentingan jangka panjang seluruh negara di kawasan, dan didasarkan pada komitmen bersama untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran bersama,” katanya pula.

Indonesia berharap agar permasalahan keamanan di kawasan seperti pencurian kekayaan alam, pelanggaran wilayah, penyelundupan dan sengketa wilayah, bencana alam dan kemanusiaan dapat diatasi melalui kerja sama yang kuat, sungguh-sungguh dan berkelanjutan.

Permasalahan Laut China Selatan yang mengemuka saat ini, kata Menhan Prabowo harus segera diselesaikan secara damai melalui forum dialog dan diplomasi dengan mendorong “Code of Conduct” yang telah disepakati ASEAN agar dapat diterima oleh negara Tiongkok.

Oleh karena itu, melalui pertemuan Forum ADMM Retreat, Menhan RI lebih lanjut berharap akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan kerja sama pertahanan ASEAN di masa yang akan datang.

“Bagi Indonesia, ASEAN adalah wadah membangun kerja sama yang bermanfaat bagi perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di kawasan kita. Melalui pilar politik dan keamanan ASEAN, kita bisa memperkuat keamanan Asia Tenggara yang tentunya juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan negara-negara di dalamnya,” kata Menhan Prabowo. (shk)

Continue Reading

Trending

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Management :
Karjodihardjo Media

Penanggung Jawab :
Budi Purnomo Karjodihardjo

Jaringan Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Alamat Redaksi :
Plaza Bukit Nirwana No. 1, Bogor Nirwana Residence (BNR) Jl. Dreded, Pahlawan - Bogor Selatan 16132

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Media ini merupakan anggota jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC) yang dikelola secara profesional oleh sejumlah wartawan senior yang memiliki cita-cita besar untuk mendukung Indonesia Raya yang lebih baik, melalui jalur media dan komunikasi.
Media siber yang termasuk dalam jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC), antara lain :
Indonesiaraya.co.id (dari Acehraya.com s/d Papuaraya.com)
Adilmakmur.co.id
Pandubangsa.com
Liputan2.com
Mediaemakemak.com
Gerindranews.com


Indonesia Raya Media Center (IRMC) siap bekerja sama dan bermitra dengan strategic partner yang ingin mengembangkan jaringan media siber Indonesia Raya Media Center (IRMC) baik sebagai investor atau sebagai partner. Hubungi : hellobudipurnomo@gmail.com

Semoga Indonesia Raya menjadi negeri yang adil dan makmur.